Sabtu, 19 November 2016

FAKTA-FAKTA UNIK TENTANG TUBUH MANUSIA

Tubuh manusia menyimpan banyak fakta dan rahasia yang jarang terungkap. Oleh karena itu Anda harus mengenali tubuh Anda sendiri. Sebab dengan mengetahui dan memahami tubuh Anda, maka Anda bisa menerapkan pola kesehatan apa saja yang cocok untuk tubuh manusia.

Berikut adalah fakta menarik tentang tubuh Anda yang wajib untuk Anda ketahui, yaitu:
  • Kecepatan bersin manusia bisa melebihi 100 mph dan bisa melontarkan lebih dari 100.000 kuman ke udara.
  • Rata-rata 600.000 partikel kulit manusia rontok setiap jamnya dan beratnya bisa setara 1,5 kg dalam satu tahun.
  • Bau kaki manusia bisa terjadi sebab terdapat 500.000 kelenjar keringat di kaki yang menghasilkan setengah liter keringat sehari.
  • Jika terurai, panjangnya usus manusia bisa mencapai 20 kaki atau sepanjang tubuh ikan paus.
  • Meskipun otak manusia bisa mendeteksi rasa sakit, namun sebenarnya otak manusia tidak memiliki reseptor rasa sakit.
  • Sepanjang usianya, manusia bisa menghasilkan air liur yang cukup untuk mengisi dua kolam renang.
  • Kuku jari tangan tumbuh sekitar 4 kali lebih dari kuku jari kaki.
  • Asam lambung manusia bisa melarutkan logam dengan cepat. Namun hal ini tidak dapat menghancurkan perut manusia sebab terdapat lapisan pelindung perut berupa lendir yang cukup kuat untuk melindunginya.
  • Sama seperti sidik jari, lidah setiap manusia juga mempunyai pola yang unik dan berbeda.
  • Setiap menit, tubuh kita sekarat, ini adalah fakta. Setiap 60 detik berlalu, tubuh kita kehilangan 300.000.000 sel. Ini merupakan jumlah sel yang sangat banyak. Mungkin ada diantara kalian yang berpikir, jumlah sel yang mati sangatlah banyak, kenapa tubuh manusia tidak juga membusuk? Hal ini terjadi karena jumlah sel yang lahir lebih banyak daripada jumlah sel yang mati. Setiap hari, 10-50 triliun sel digantikan di dalam tubuh kita.
  • Perut juga merupakan salah 1 bagian terkuat dalam tubuh. Di dalam perut terdapat asam lambung yang sangat kuat, sehingga dapat melarutkan zat seng. Kalian mungkin berpikir, dengan asam lambung yang begitu kuatnya, mungkin dapat membuat perut kita bolong, tetapi hal ini tidak terjadi karena lapisan di dalam perut kita dapat segera memperbaharui dirinya dengan begitu cepat untuk mencegah asam lambung merusak perut kita. Jika bukan karena kapasitas memperbaharui dengan cepat ini, mungkin semua manusia memiliki perut yang bolong.
  • kalian dapat mematahkan tulang, tetapi sebenarnya tulang itu cukup kuat. Satu blok tulang sebesar korek api, dapat menahan berat sampai 9 ton. 




Fakta-fakta unik tentang tubuh manusia di atas tentu akan semakin menambah pengetahuan dan wawasan seputar tubuh kita sendiri. Sehingga kita semakin mengenal diri sendiri. Tubuh manusia terdiri dari banyak sistem yang mana jika salah satunya terganggu maka secara langsung maupun tidak langsung akan mengganggu sistem yang lain. Jadi, rawatlah diri kita sebaik-baiknya. Karena siapa lagi yang mau mengerti dan memperhatikan diri sendiri jika tidak kita sendiri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar