Senin, 21 November 2016

TANTA-TANDA TUBUH TIDAK SEHAT

Tanda-tanda tubuh tidak sehat adalah:

1. Tubuh gampang terkena penyakit flu dan pilek


Jika tubuh sering sakit flu / pilek maka hal tersebut bisa menunjukkan bahwa sistem kekebalan tubuh terganggu dan tidak cukup kuat menangkal penyakit. Tubuh mungkin kekurangan vitamin C atau bisa saja tubuh terserang virus namun Anda tidak sadar.

2. Permukaan bibir pecah-pecah dan retak


Beberapa orang menganggap bibir pecah-pecah dianggap terjadi karena keadaan cuaca sekitar yang extreme (panas / dingin). Tapi bibir pecah-pecah terutama dibagian luar sudut-sudut bisa sebagai tanda tubuh tidak sehat dan mengindikasikan bahwa tubuh kurang mengkonsumsi vitamin B12. Dimana kekurangan vitamin B12 bisa menyebabkan penyakit anemia yg dapat mempengaruhi darah dalam tubuh.

3. Tinggi badan berkurang


Kedengarannya memang aneh tapi seiring bertambahnya usia, tubuh manusia memang akan cenderung mengecil. Tapi pengurangan tinggi badan bisa saja terjadi karena ada masalah pada tulang ataupun terkena penyakit osteoporosis. Tulang yang lemah membuat struktur tulang menjadi lebih rentan patah atau retak bila badan jatuh, jadi sebaiknya perbaiki diet Anda dengan mengkonsumsi makanan yang membuat tulang sehat dan kuat.

4. Ganguan tidur


Jika pola tidur terganggu dan mengalami insomnia itu adalah “tanda tubuh tidak sehat” dan pikiran mengalami stres. Ketika tidur, tubuh akan menurunkan jumlah kortisol tapi saat pikiran stress hal tersebut tidak terjadi yang menyebabkan pola tidur tidak sinkron dan teratur. (Baca artikel Cara ampuh menghilangkan stress, depresi, dan frustasi)
Bila jam tidur mencukupi dan sudah tidur dengan nyenyak namun tubuh tetap terasa lelah pada siang hari maka ini bisa jadi tanda terdapat masalah pada tiroid (kelenjar adrenal) Anda.

5. Warna Urin (air seni) terlalu kuning


Penting memperhatikan warna urin Anda karena hal tersebut merupakan indikator / tanda yang akurat untuk mengetahui kesehatan Anda secara umum. Jika sudah minum air putih dengan cukup maka warna urin akan jernih, namun jika sudah banyak minum dan warna air seni masih berwarna kuning gelap maka bisa jadi ada masalah pada organ ginjal.

6. Mengalami masalah kulit terus-menerus


Jika kulit wajah dan badan mengalami masalah kulit seperti jerawat, eksim, maupun gangguan kulit lain secara berkala maka mungkin masalahnya lebih dari yang Anda kira sebelumnya (tidak merawat kulit atau produk yg tidak cocok).
Bisa saja ini hasil dari reaksi alergi atau mungkin tubuh memberitahu Anda bahwa ‘mereka’ stress dan bekerja terlalu keras. Kulit Anda adalah organ terbesar dalam tubuh, sehingga seringkali tubuh kita memberikan tanda-tanda tubuh tidak sehat ke diri kita melalui kondisi kulit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar